Mengambil Alih File / Folder 'Take Ownership' Dengan Command Prompt

Take Ownership Windows with Command Prompt

Mengambil Alih File / Folder 'Take Ownership' Dengan Command Prompt

"Sebelumnya metode dengan menggunakan klik kanan, kali ini Hanya dengan menggunakan command prompt saja!"




Pada rilisan awal dari Windows Vista, Microsoft memperkenalkan suatu command-tool yang bernama takeown.exe. Kamu hanya butuh menjalankan perintah ini dari command prompt. Ini adalah metode mengambil alih permission file/folder dengan command prompt, sebelumnya saya sudah memberikan metode mengambil alih file/folder dengan klik kanan yang sebenarnya lebih mudah. Namun metode ini juga boleh dicoba kalau kamu penasaran. Apa salahnya mencoba bukan? Berikut caranya.

Untuk mencoba tutorial ini, pastikan untuk membuka command prompt dengan Run As Administrator ya!

Berikut adalah perintah-perintah takeown.exe beserta penjelasannya.

Untuk mengambil alih sebuah file, gunakan perintah sebagai berikut:
takeown /f <namafile>
Penjelasan: Untuk menggunakan perintah ini, kamu harus mengganti <namafile> dengan file yang akan kamu ambil alih dengan ekstensinya juga (jpg, txt, rar, dsb.). Arti /f adalah filename. Kurang lebih pesan yang akan muncul jika berhasil adalah: SUCCESS: The file (or folder): "namafile" now owned by user "Nama Komputer\Username".

Untuk mengambil alih sebuah folder, gunakan perintah sebagai berikut:
takeown /f <namafolder> /r /d y
Penjelasan: Seperti sebelumnya, ubah <namafolder> dengan nama folder yang ingin kamu ambil alih. Kamu harus menambahkan /r yang artinya Recurse untuk mengambil alih file dan subfolder yang terdapat di dalam folder tersebut. Kode /d artinya kamu dapat mengambil alih semua isi di dalam folder tersebut meskipun kamu tidak mempunyai izin List Folder. Dan y untuk yes yang artinya ya untuk memberikan izin untuk mengambil alih seluruh isi folder.

Untuk perintah takeown.exe yang lebih detail, silahkan gunakan perintah berikut:
takeown /?

Cara ini cukuplah rumit namun bisa dicoba jikalau kamu iseng atau hanya penasaran saja. Sebenarnya ada cara yang lain namun saya akan bahas di post selanjutnya. Untuk cara mengambil alih yang lebih mudah silahkan baca artikel menambahkan 'Take Ownership' pada klik kanan

Sekian pembahasan cara Mengambil Alih File / Folder 'Take Ownership' Dengan Command Prompt. Jika ada pertanyaan silahkan komentar di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa!

Belum ada tanggapan untuk "Mengambil Alih File / Folder 'Take Ownership' Dengan Command Prompt"

Posting Komentar

Komentar dengan link aktif akan dimatikan.

Bertanya dan berkomentarlah secara baik dan sopan.