Cara Mengatasi Bejeweled 3 Steam Fatal Error!

Bejeweled 3 Steam Fatal Error Fix


Cara Mengatasi Bejeweled 3 Steam Fatal Error!

"Bejeweled 3 adalah sebuah permainan video yang dibuat oleh developer PopCap Games pada tahun 2010 silam. Tentu dikarenakan sudah lawas, banyak fungsi-fungsi yang akan mengalami gangguan ketika dimainkan pada sistem operasi terbaru, seperti Windows 10."


Ketika kita berbicara dengan game lawas yang ada di jaman dulu, tentu kamu tidaklah asing dengan game satu ini, Bejeweled. Versi pertamanya yang dirilis pada tahun 2001 membuat banyak gamer pada jaman itu memainkan dan mengetahui game ini. Bahkan bisa dibilang sebagai saingan dari game rilisan GameHouse.

Sebuah game puzzle, kamu mengetahuinya. Game ini dirilis hingga versi Bejeweled 3 yang dirilis pada 7 Desember 2010 pada platform Steam. Kebetulan saya membeli game ini saat diskon yang lalu, membuat saya ber-nostalgia dengan permainan yang ada di komputer saya pada saat saya kecil. 

Tapi berbicara untuk sebuah game yang sudah rilis lama sekali, sepertinya kita bisa memaklumi fitur-fitur di dalamnya yang sudah tidak berfungsi baik pada sistem operasi anyar, seperti 3D Hardware Acceleration yang akan mengeluarkan pesan bahwa kartu grafis kamu tidak mendukung. Padahal kamu sudah menggunakan kartu grafis gahar. What the ...

Namun sebenarnya fitur 3D Hardware Acceleration tidak perlu kamu aktifkan, kamu akan tetap bisa memainkan game tersebut. Tapi bagaimana jika game tersebut sudah mengeluarkan pesan error saat kamu membuka game tersebut? Nah loh. Seperti screenshot di atas yang dikeluarkan dari game Bejeweled 3 saat saya membuka game tersebut.

Ini dikarenakan pengaturan ArtRes yang ada pada config Bejeweled 3. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kita akan memperbaiki hal ini.

  • Pertama, buka Registry Editor dengan menekan tombol WIN+R dan ketik regedit dan enter. Jika ada konfirmasi Administrator, klik Yes.
Cara Mengatasi Bejeweled 3 Steam Fatal Error!

  • Kedua, cari directory berikut.
HKEY_CURRENT_USER\Software\SteamPopCap\Bejeweled3
  • Maka kamu akan melihat tampilan seperti ini
Cara Mengatasi Bejeweled 3 Steam Fatal Error!

  • Disini, kita akan mengubah nilai ArtRes. Bisa dilihat pada screenshot diatas bahwa tidak ada ArtRes. Jadi kita akan membuatnya sendiri. Ikuti tutorial dibawah. (Jika ada, maka tidak perlu dibuat lagi).
Klik kanan -> New -> Key -> DWORD (32-bit) Value -> Buatlah key ArtRes
  • Jika sudah, klik dua kali ArtRes dan ubah angkanya ke 258 (hexadecimal) atau 600 (decimal). Bisa kamu lihat pada gambar dibawah.
Cara Mengatasi Bejeweled 3 Steam Fatal Error!

Jika kamu mengikuti cara ini secara teliti, maka Bejeweled 3 akan berhasil terbuka dan dapat kamu mainkan. Jika tidak, ulangi langkah diatas dan cek apakah kamu salah dalam mengeksekusi cara tersebut.

Sekian Cara Mengatasi Bejeweled 3 Steam Fatal Error bagi kamu yang ingin bernostalgia dengan game ini namun terhalang oleh Fatal Error. Terima kasih telah membaca dan berkunjung, jika ada pertanyaan mengenai Bejeweled 3 atau lainnya dapat ditanyakan di kolom komentar dibawah. Sampai jumpa!

Tested on Windows 10 1909

1 Tanggapan untuk "Cara Mengatasi Bejeweled 3 Steam Fatal Error!"

  1. Wah terima kasih atas informasi websitenya. Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info tambahan untuk saling melengkapi. https://www.bloglumajangteamsec.my.id/ https://www.bloglumajangteamsec.my.id/

    BalasHapus

Komentar dengan link aktif akan dimatikan.

Bertanya dan berkomentarlah secara baik dan sopan.