How to - Cara Memainkan Minesweeper

How to play Minesweeper

How to - Cara Memainkan Minesweeper

"Minesweeper adalah suatu permainan probabilitas dimana kita harus menebak dimanakah letak bom berada. Tujuan dari game ini adalah kita harus menebak dimanakah semua letak bom berada, jika semua bom telah tertebak, maka game akan selesai. Jika salah memilih kotak, maka duar!"


Minesweeper adalah sebuah game yang dirilis pada tahun 1992 oleh Microsoft yang kemudian berganti ke Microsoft Studios. Minesweeper dimasukkan ke dalam sistem operasi Microsoft Windows sebagai game bawaan yang ada di dalamnya bersama dengan game lain seperti Solitaire, Spider, Freecell, dll.

Namun seiring dengan waktu, game ini tidaklah begitu populer seperti game bawaan lainnya dikarenakan dianggap sulit dan banyak yang tidak mengerti cara bermainnya. Keluar angka, now what? Tidak tahu apa yang harus dilakukan, sehingga asal pencet dan duar, ketemu bom.. terus close game >_<

Dikarenakan Minesweeper membutuhkan proses logika dan penebakan (jika diperlukan). Inilah yang membuat sulit Minesweeper, kalau tidak tahu cara bermain serta apa tujuan angka-angka yang keluar tersebut.
How to - Cara Memainkan Minesweeper
Ini muncul angka 2, terus ngapain? Bingung kan...

Dilihat pada gambar diatas, muncul angka 2. Apa tujuan dan kenapa bisa muncul angka 2? Akan saya jelaskan...

Angka 2 menandakan bahwa ada 2 bom yang berada diantara angka 2 tersebut. Kalau saya gambarkan seperti ini kira-kira.

How to - Cara Memainkan Minesweeper
Angka 2 berarti diantara 8 kotak yang ditandai bendera tersebut, terdapat 2 bom.

Bisa dilihat dari gambar diatas, bila kamu bermain dengan menebak saja, maka kamu akan mendapatkan chance sebesar 12.5% saja untuk menebak bom pertama dengan benar dan sisanya menebak salah. Tentu saja ini bukanlah perbandingan yang baik. Karena itulah dibutuhkan proses logika disini.

Apa yang harus dilakukan?

Mulailah buka dari 4 ujung terlebih dahulu.
Ketika bermain, pastikan bukalah terlebih dahulu 4 ujung sudut terlebih dahulu. Ini memudahkan proses berpikir dan mengurangi adanya penebakan yang berlebihan (Luck kamu tidak sebagus itu!)
How to - Cara Memainkan Minesweeper
Disini saya membuka 4 sudut terlebih dahulu, kemudian kita bisa berpikir daripada menebak.

Kemudian tandai bom yang sudah pasti berada disana.
Bila kamu memperhatikan angka 1 yang berada di sudut kiri atas dan sudut kanan atas, kamu akan menemukan celah dimana kamu akan mengetahui letak bom secara mudah. Ingat bahwa angka tersebut mempresentasikan berapa jumlah bom yang berada diantara angka tersebut. Karena disitu menampilkan angka 1, dan hanya ada satu kotak yang berada diantara angka 1 tersebut, maka sudah dipastikan itu adalah bom.
How to - Cara Memainkan Minesweeper
Disini saya sudah menandai yang sudah pasti ada bom disitu.

Jika celah sudah terbuka, ingatlah bahwa angka tersebut menampilkan jumlah bom diantara angka tersebut.
Bila dilihat pada sudut kanan atas, masih mempunyai celah dimana ada angka 1 disana. Untuk sudut kiri atas sudah tidak mempunyai celah dikarenakan memiliki angka 2 disana. Bisa dilihat pada gambar berikut.
How to - Cara Memainkan Minesweeper
Disini saya membuka kotak yang dipastikan tidak mempunyai bom. Namun sayangnya..

Jika tidak ada lagi celah yang dapat dibuka..
Bisa dilihat bahwa saya membuka kotak yang dipastikan tidak mempunyai bom. Namun sayangnya, tidak ada celah lagi yang dapat dibuka dengan analisa diatas.

Sebenarnya, ada cara lain yang dapat digunakan dengan membaca pattern yang telah dibuka, kamu bisa membacanya secara lengkap disini.

Disinilah diperlukan penebakan, kalian bisa buka ditengah atau kotak-kotak lainnya. Ini tergantung kalian! Dikarenakan ini penebakan dan tidak pasti, maka bisa jadi kotak yang kamu buka adalah bom. Bila ini terjadi, kamu bisa start over dan mulai dari awal...

Banyak berlatih!
Memang, bahwa game Minesweeper ini membutuhkan pola pikir terlebih dahulu ketimbang penebakan. Jika kamu banyak berlatih, yakinlah kamu akan mahir memainkan Minesweeper!

How to - Cara Memainkan Minesweeper
Saya bermain minesweeper mode beginner. Bisa dilihat juga saya lamban, hehe...

Sekian How to - Cara Memainkan Minesweeper! Bila sudah tahu basic, tinggal dilatih saja. Bila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih dan sampai jumpa!

Belum ada tanggapan untuk "How to - Cara Memainkan Minesweeper"

Posting Komentar

Komentar dengan link aktif akan dimatikan.

Bertanya dan berkomentarlah secara baik dan sopan.