QnA: Real Time System - Event Triggered vs Time Triggered (Part 1)

 Real Time System - Event Triggered vs Time Triggered

Question and Answer: Sistem Waktu Nyata - Event Triggered vs Time Triggered (Part 1)

Question

Dalam pendekatan pengembangan SWN, sebutkan perbedaan pendekatan asynchronous interrupt atau event-triggered dan synchronous clock-driven atau time-triggered?

Berikan contoh program sederhana pendekatan masing-masing dengan menggunakan Arduino IDE.

Answer

Event-triggered : Status pengerjaan dalam suatu sistem akan berubah saat ada peristiwa (event) yang terjadi. Event akan dilakukan sekali saat state dimasukkan.

Time-triggered : Status sistem berubah secara berkala (periodic) berdasarkan varabel dan input yang terbaru. Sistem akan menyimpulkan event dengan melihat status perubahan sistem, serta status sistem yang dapat diubah dengan memasukkan variabel atau pesan baru. Pengerjaan pada setiap state akan dilakukan secara terus-menerus.

Singkatnya, asynchronous interrupt (event-triggered) adalah state dimana kita melakukan suatu event tanpa mempedulikan urutan kejadian, sedangkan synchronous clock-driven (time-triggered) akan melakukan state apabila state sebelumnya telah selesai (berurutan).

Untuk contoh program sederhana menggunakan Arduino IDE, bisa dilihat di Sistem Waktu Nyata - Event Triggered vs Time Triggered (Part 2)

Sekian QnA: Real Time System - Event Triggered vs Time Triggered (Part 1) Bila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih dan sampai jumpa!

Belum ada tanggapan untuk "QnA: Real Time System - Event Triggered vs Time Triggered (Part 1)"

Posting Komentar

Komentar dengan link aktif akan dimatikan.

Bertanya dan berkomentarlah secara baik dan sopan.