QnA - Elemen dari Keamanan Informasi

 Elements of Information Security

Elemen dari Keamanan Informasi

Keamanan informasi bergantung kepada lima elemen utama, yakni:

  1. Confidentiality (Kerahasiaan)
  2. Integrity (Integritas)
  3. Availability (Ketersediaan)
  4. Authenticity (Keaslian)
  5. Non-repudiation (tidak ada penolakan)

Confidentiality (Kerahasiaan)
Confidentiality adalah suatu aspek yang membuat jaminan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh orang yang berhak atau berwenang. Pelanggaran dapat terjadi apabila aspek ini tidak ditangani dengan tepat. Kontrol dalam elemen ini mencakup pada klasifikasi data, enkripsi data, dan disposal (pembuangan) alat data dengan benar (USB drive, DVD, dll.)

Integrity (Integritas)
Integritas adalah aspek yang mengatur tentang data atau sumber daya yang dapat dipercaya dan mencegah adanya perubahan informasi yang tidak semestinya dan tidak sah. Integritas menjamin bahwa informasi akurat dan utuh sejak awal. Kontrol elemen ini setidaknya mencakup pengecekan checksum (untuk memverifikasi bahwa blok data tertentu tidak diubah) dan access control (memastikan bahwa hanya orang berwenang yang dapat merubah informasi)

Availability (Ketersediaan)
Availability adalah elemen yang menjamin bahwa sistem yang bertanggung jawab untuk memberikan, menyimpan, dan memproses informasi dapat diakses bila diperlukan oleh pengguna yang berhak dan berwenang.

Authenticity (Keaslian)
Authenticity mengacu pada karakteristik informasi dan data apa pun untuk memastikan kualitas informasi tersebut asli dan tidak corrupt (rusak). Peran utama dari Authenticity adalah melakukan konfirmasi apakah pengguna yang akan mengakses informasi adalah asli. Kontrol elemen ini seperti menggunakan biometrik dan smart card.

Non-repudiation (tidak ada penolakan)
Non-repudiation adalah cara untuk menjamin bahwa pengirim pesan nantinya tidak dapat menyangkal telah mengirim pesan dan penerima tidak dapat menyangkal telah menerima pesan. Individu dan organisasi menggunakan tanda tangan digital untuk memastikan tidak ada penolakan.

Belum ada tanggapan untuk "QnA - Elemen dari Keamanan Informasi"

Posting Komentar

Komentar dengan link aktif akan dimatikan.

Bertanya dan berkomentarlah secara baik dan sopan.